Apa Itu Yoga?

Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta (योग) adalah sebuah aktivitas dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan. Yang berarti mengendalikan, mengatur, berkonsentrasi dan berfungsi menyelaraskan tubuh, jiwa dan pikiran kita. Selain itu, yoga dapat melancarkan aliran oksigen di dalam tubuh. Sehingga tubuh pun sehat, termasuk wajah.

Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan yoga, kita dapat mengarahkan energi tersebut pada sesuatu yang bersifat konstruktif. Yoga berasal dari India dan telah dilakukan sejak 4.000 tahun yang lalu. Sejak 1960-an senam yoga telah menyebar ke seluruh dunia. Meski di Mesir aktifitas yoga dilarang, namun di Indonesia yoga kini banyak dilirik orang. Yoga merupakan induk dari senam serta berbagai jenis beladiri, tari, musik, nyanyian, bahkan seni bercinta dan penyembuhan.

Sebagai seni olah jiwa dan raga, yoga mengombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan, dan latihan fisik. Gerakannya cenderung halus dan tidak terburu-buru. Dalam latihan yoga, setiap postur yang diperagakan memiliki arti berbeda, baik untuk tubuh maupun pikiran. Duduk, misalnya, untuk relaksasi. Sementara berdiri untuk membangkitkan energi. Manfaat yoga diyakini meliputi segala usia.

Tidak seperti aerobik, fitness, maupun kegel, yoga memberikan dua disiplin praktek yaitu gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat untuk menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh. Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan yoga, kita dapat mengarahkan energi tersebut pada sesuatu yang bersifat konstruktif, yang dapat membuat pikiran menjadi tenang. Namun demikian, untuk pemula, yoga harus didampingi instruktur yang berpengalaman. kalo tidak, tubuh bisa cedera.

Cara mudahnya dilakukan dengan mengikuti program yoga di sanggar atau studio, yang umumnya juga terdapat pada Aerobik Center. Keuntungan latihan yoga antara lain:

1. Mengatasi gangguan kesehatan

Seni latihan fisik dan olah nafas yang berasal dari India ini ternyata dapat melatih pikiran dan dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Latihan senam yoga yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan risiko terserang stroke karena dapat meningkatkan sirkulasi dan merangsang suplai darah ke seluruh tubuh terutama ke otak. Untuk pasien stroke, latihan yoga yang dapat dilakukan adalah asanas (sikap fisik) dan pranayama (pernafasan yang terkendali).

2. Mengendurkan otot

Melakukan senam yoga juga bisa mengendurkan ketegangan otot. Sebab, relaksasi otot dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang saat berusaha mempelajari sesuatu yang baru. Melalui senam yoga tubuh akan lentur, otot-otot akan bisa memanjang dengan maksimal menjadi kenyal dan terhindar dari kerusakan otot dan tulang.

3. Meningkatkan daya ingat

Bila tubuh kita lentur, sistem saraf juga mampu mengirimkan pesan-pesan dengan lebih lancar ke setiap bagian tubuh tanpa terjepit atau terhambat oleh area-area otot yang kaku dan tegang. Begitu pula oksigen, dapat mengalir dengan lebih bebas melalui sendi-sendi, pembuluh darah, dan kapiler ketika tubuh lebih terbuka. Otak pun mendapatkan pasokan darah dan oksigen secara maksimal sehingga mampu mengingat secara optimal.

4. Terapi seks

Salah satu gerakan yoga yang berhubungan langsung dengan organ seksual manusia adalah garurasana, berada di sekitar organ seksual. Ini adalah satu terapi dapat disembuhkan tanpa mengkonsumsi obat. Yoga bermanfaat untuk berlatih mengendalikan nafsu, mengatur pernafasan, sewaktu berhubungan seks. Pria yang tidak bisa mengendalikan nafsu, cenderung ejakulasi dini.

5. Kecantikan wajah

Cantik itu setiap orang mempunyai penilaian yang tidak sama (relatif), bisa aja cantik dinilai secara fisik dari sononya namun khusus untuk wajah, yoga dapat membuat kulit wajah dan leher mulus, sehat, segar, serta mata berbinar cemerlang, jadi yang tadinya wajahnya biasa bisa menjadi luar biasa.

   Artikel Yang Lain

Jika anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirim kepada kami pesan melalui form berikut :

Comments are closed.